Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS
Kami Membantu Anda Menyusun PTK Lengkap dan Murah dengan Harga 300ribu/PTK, Ambil 2/3 PTK Akan Mendapat Harga Lebih Murah.
Hub Kami di 081222940294
WA : 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Melihat Katalog Judul PTK IPS Yang Kami Sediakan Silahkan klik Disini
WA : 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Melihat Katalog Judul PTK IPS Yang Kami Sediakan Silahkan klik Disini
ABSTRAK
Hasbi, Muhammad. 2008. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Pada
Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Malang Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif
Model TGT (Teams Games Tournament). Skripsi, Program Studi Pendidikan
Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universiras Negeri
Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sapir, S.Sos, M.Si, (II) Drs. Mardono, M.Si.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif, TGT (Teams Games Tournament), motivasi, hasil
belajar.
Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran ilmu
pengetahuan sosial (IPS) di SMP Negeri 1Malang, diperoleh informasi bahwa proses
pembelajaran IPS di kelas masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, atau
membahas soal-soal. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran,
sehingga kurang menimbulkan motivasi dalam diri siswa untuk belajar. Hal ini akan
berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang
mengikuti remidi karena skor yang diperoleh kurang memenuhi standar ketuntasan
minimum yang di tetapkan oleh SMP Negeri 1 Malang yaitu 75%. Untuk mengatasi
masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa. Strategi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran
kooperatif model TGT (Teams Games Tournament).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar IPS pada
siswa kelas IX-B SMP Negeri 1 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif model
TGT (Teams Games Tournament). Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen
dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data penelitian
berupa motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui observasi dan hasil belajar siswa yang
diperoleh melalui post-test pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pada siklus I motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 59,98% dengan kategori cukup
dan mengalami peningkatan menjadi 70,87% dengan kategori baik pada siklus II.
Sedangkan pada hasil belajar juga mengalami peningkatan, Sebelum diberikan tindakan
skor rata-rata hasil belajar sebesar 68,20 dengan ketuntasan belajar 51,29%, pada siklus I
skor rata-rata meningkat menjadi 74,62 dengan ketuntasan belajar sebesar 66,66%, dan
pada siklus II meningkat lagi dengan skor rata-rata 80,77 dengan ketuntasan belajar
sebesar 79,49%.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan
pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX-B SMP Negeri 1
Malang. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu, (1) Pembelajaran TGT
(Teams Games Tournament) merupakan metode pembelajaran sebagai alternatif dalam
meningkatkan keaktifan siswa di kelas sehingga baik untuk diterapkan oleh guru. (2)
Untuk kesempurnaan penerapan metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournament)
maka harus disediakan alokasi waktu yang cukup agar tidak mengurangi tahap berpikir
dan menjawab siswa. (3) Guru hendaknya membuat variasi metode pembelajaran dengan
memadukan metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan metode yang
lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar