Jumat, 02 September 2016

Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS

Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS 

 

Kami Membantu Anda Menyusun PTK Lengkap dan Murah dengan Harga 300ribu/PTK, Ambil 2/3 PTK Akan Mendapat Harga Lebih Murah.
Hub Kami di 081222940294
WA : 081222940294
BBM: 5AA33306 
Untuk Melihat Katalog Judul PTK IPS Yang Kami Sediakan Silahkan klik Disini


ABSTRAK

Hasbi, Muhammad. 2008. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Pada

Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Malang Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif

Model TGT (Teams Games Tournament). Skripsi, Program Studi Pendidikan

Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universiras Negeri

Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sapir, S.Sos, M.Si, (II) Drs. Mardono, M.Si.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, TGT (Teams Games Tournament), motivasi, hasil

belajar.

Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran ilmu

pengetahuan sosial (IPS) di SMP Negeri 1Malang, diperoleh informasi bahwa proses

pembelajaran IPS di kelas masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, atau

membahas soal-soal. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran,

sehingga kurang menimbulkan motivasi dalam diri siswa untuk belajar. Hal ini akan

berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang

mengikuti remidi karena skor yang diperoleh kurang memenuhi standar ketuntasan

minimum yang di tetapkan oleh SMP Negeri 1 Malang yaitu 75%. Untuk mengatasi

masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan

hasil belajar siswa. Strategi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran

kooperatif model TGT (Teams Games Tournament).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar IPS pada

siswa kelas IX-B SMP Negeri 1 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif model

TGT (Teams Games Tournament). Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen

dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data penelitian

berupa motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui observasi dan hasil belajar siswa yang

diperoleh melalui post-test pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa

pada siklus I motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 59,98% dengan kategori cukup

dan mengalami peningkatan menjadi 70,87% dengan kategori baik pada siklus II.

Sedangkan pada hasil belajar juga mengalami peningkatan, Sebelum diberikan tindakan

skor rata-rata hasil belajar sebesar 68,20 dengan ketuntasan belajar 51,29%, pada siklus I

skor rata-rata meningkat menjadi 74,62 dengan ketuntasan belajar sebesar 66,66%, dan

pada siklus II meningkat lagi dengan skor rata-rata 80,77 dengan ketuntasan belajar

sebesar 79,49%.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan

pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan

motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX-B SMP Negeri 1

Malang. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu, (1) Pembelajaran TGT

(Teams Games Tournament) merupakan metode pembelajaran sebagai alternatif dalam

meningkatkan keaktifan siswa di kelas sehingga baik untuk diterapkan oleh guru. (2)

Untuk kesempurnaan penerapan metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournament)

maka harus disediakan alokasi waktu yang cukup agar tidak mengurangi tahap berpikir

dan menjawab siswa. (3) Guru hendaknya membuat variasi metode pembelajaran dengan

memadukan metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan metode yang

lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar