Jumat, 02 September 2016

UPAYA PENINGKATAN MINAT MEMBACA DAN KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR

UPAYA PENINGKATAN MINAT MEMBACA DAN KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR  

Kami Membantu Anda Menyusun PTK Lengkap dan Murah dengan Harga 300ribu/PTK, Ambil 2/3 PTK Akan Mendapat Harga Lebih Murah.
Hub Kami di 081222940294
WA : 081222940294
BBM: 5AA33306 
Untuk Melihat Katalog Judul PTK IPS Yang Kami Sediakan Silahkan klik Disini

 

 


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dalam kehidupan sekarang ini membaca merupakan kebutuhan setiap orang bahkan dapat dikatakan bahwa membaca merupaka kebutuhan primer modern. Berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia modern berhubungan dengan kegiatan membaca. Hampir tidak ada aktivitas manusia tidak berhubungan dengan kegiatan membaca, mulai bangun tidur sampai akan tidur kembali manusia selalu berhubungan dengan membaca. Bahkan ada  orang yang merasa tidak enak kalau dalam sehari tidak membaca, apa pun bacaannya.
Membaca pada hakikatnya adalah kegiatan memahami gagasan utama penulis.Gagasan penulis dalam sebuah bacaan dapat dipilah menjadi dua, yaitu utama atau pokok dan gagasan penjelas. Oleh karena itu, pengenalan gagasan pokok dan gagasan penjelas merupakan hal yang sangat penting dalam membaca. Di sinilah letak permasalahannya.Untuk menentukan mana gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam paragraf  siswa mengalami  kesulitan. pada kenyatannya guru juga kesulitan dalam membelajarkan materi membaca intensif.
Sumber belajar yang dibuat oleh guru,biasanya akan lebih mudah dan jauh lebihb relevan dengan berbagai kebutuhan khusus suatu pelajaran.Akan tetapi dapat juga menjadi sangat membutuhkan waktu untuk mererencanakan,menghasilkan dan mengevaluasinya.Selain itu,melengkapi sumber belajar yang diperlukan oleh sistem pendekatan belajar yang berorientasi pada siswa yang efektif akan membutuhkan berbagai keterampilan baru bagi staf pengajar.Keterampilan tersebut seringkali harus diberikan dan dikembangkan dalam jangka waktu yang lama. Buku pelajaran merupakan alat pengajaran yang paling banyak digunakan dianyara semua alat pengajaran lainnya.Buku pelajaran telah digunakan sejak manusia pandai menulis dan membaca,akan tetapi meluas dengan pesat setelah ditemukannya alat cetak
Pada proses pembelajaran membaca intensif guru harus bisa mengantarkan siswa pada pemahaman terhadap bacaan, terutama pada penentuan ide pokok setiap paragraf. Pada umumnya kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok  paragraf sangat kurang. Hal ini juga terjadi pada  siswa SMP Negeri 5 Makassar disebabkab siswa kurang mempunyai minat dalam membaca. Agar timbul minat membaca pada siswa, maka perIu diberi motivasi atau dorongan agar siswa gemar membaca. Kemampuan membaca intensif siswa juga perlu ditingkatkan. Metode yang dipakai oleh guru dalam proses pembelajaran membaca intensif harus tepat. Guru bisa menerapkan pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran, karena pendekatan kontekstual bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan . Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi  yang diajarkan dengan situasi nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara  pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka. Proses belajar  berlangsung alamiah dalam bentuk siswa bekerja dan mengalami , bukan  mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Strategi pembelajaran dipentingkan daripada hasil.
Dari permasalahan-permasalahan  tersebut pada tulisan ini penulis, hanya membahas mengenai pengaruh minat membaca terhadap prestasi belajar siswa. Dengan  demikian, judul yang penulis ambil pada penelitian ini adalah  "Pengaruh minat membaca dan ketersediaan sumber belajar terhadap prestasi belajar pelajaran IPS pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Makassar”.
B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan yang penulis uraiakan pada latar belakang masalah, maka rumusan masalah adalah sebagi berikut :
1. Apakah minat membaca dapat mempengaruhi prestasi belajar pelajaran IPS pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Makassar?
2. Apakah dengan ketersediaannya sumber belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar pelajaran IPS pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Makassar?


C.  Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IX SMP Negeri 5 Makassar.
2. Tujuan Khusus
Menumbuhkan minat membaca dan mengupayakan ketersediaan sumber belajar siswa dalam proses pembelajaran  untuk meningkatkan prestasi belajar pelajaran IPS siswa kelas IX SMP Negeri 5 Makassar.

D.  Manfaat Penelitian
1. Bagi siswa :
a. Timbulnya minat membaca siswa dalam upaya peningkatan prestasi belajar.
b. Meningkatnya kemampuan membaca intensif siswa.
c. Meningkatnya keaktifan siswa dalam belajar.
2. Bagi guru :
a. Sebagai bahan pertimbangan bagi kepala sekolah, guru-guru dalam mengadakan, melengkapi, memanfaatkan sumber belajar siswa, serta memfungsikan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
b. Sebagai masukan bagi guru untuk lebih memperhatikan tentang ketersediaan sumber belajar siswa yang lebih berkualitas.


E.  Hipotesis
Hipotesis merupakan jawaban sementara dari permasalahan dan merupakan kerangka dasar dalam pembahasan selanjutnya yang akan dibuktikan kebenarannya faatan media melalui penelitian.Bertitik tolak dari rumusan masalah di atas, hipotesis atau jawaban sementara sebagai berikut:
1.      Dengan meningkatnya minat belajar siswa kelas IX SMP Negeri 5 Makassar dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS.
2.      Mengenai ketersediaan sumber belajar siswa maka dapat meningkatkan prestasi belajar pelajaran IPS pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Makassar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar