MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SEJARAH
Kami Membantu Anda Menyusun PTK Lengkap dan Murah dengan Harga 300ribu/PTK, Ambil 2/3 PTK Akan Mendapat Harga Lebih Murah.
Hub Kami di 081222940294
WA : 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Melihat Katalog Judul PTK IPS Yang Kami Sediakan Silahkan klik Disini
WA : 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Melihat Katalog Judul PTK IPS Yang Kami Sediakan Silahkan klik Disini
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Berdasarkan pada
daftar pencapaian daya serap tiga tahun pelajaran terakhir pada siswa Kelas X-2
SMAN 101 Jakarta di bawah ini menunjukkan bahwa hasil belajar Sejarah yang diperoleh di siswa masih rendah.
Berdasarkan hasil belajar sejarah yang diperoleh siswa
tersebut dapat disebabkan berbagai macam faktor yang terlibat langsung dalam
proses pembelajaran, diantaranya faktor guru, siswa, metode mengajar, sarana
dan prasarana pendidikan maupun materi pelajaran. Dari beberapa faktor
tersebut, faktor yang dianggap cukup berperan penting adalah materi pelajaran,
termasuk di dalamnya adalah banyak sedikitnya materi pelajaran, tingkat
kesulitan materi pelajaran, dan teknik atau pendekatan yang digunakan dalam
penyajian materi.
Berdasarkan pula dengan pengalaman penulis selama
mengajar di SMA Negeri 101 Jakarta sebagian besar siswa kurang aktif pada saat
proses pembelajaran berlangsung. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan
siswa dalam materi pelajaran yang telah diberikan masih rendah. Hal ini
disebabkan oleh model pembelajaran yang dipakai tidak cocok dengan materi
pelajaran yang disajikan dan perkembangan intelektual anak.
Salah satu upaya mengatasi
kekurangmampuan siswa memahami materi pelajaran maka penulis merancang suatu
penelitian dengan menitik beratkan perhatian pada upaya peningkatan hasil
belajar sejarah siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan induktif.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan
pengamatan penulis selama ini dalam proses pembelajaran sejarah di kelas,
sebagian besar siswa kurang aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung.
Oleh karena itu kemampuan siswa memahami pelajaran sejarah masih rendah
sehingga hasil belajar yang diperoleh pun juga dipastikan akan rendah.
Dengan
mengacu pada masalah tersebut maka dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran
dengan pendekatan induktif dalam upaya peningkatan hasil belajar sejarah siswa
Kelas X-2 SMA Negeri 101 Jakarta
C. Pembatasan dan Rumusan Masalah
Penelitian dibatasi
pada ruang lingkup hasil belajar sejarah siswa kelas X-2 SMA Negeri 101
Jakarta. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan pembelajaran dengan pendekatan
induktif dapat meningkatkan hasil pelajaran sejarah Siswa Kelas X-2 SMA Negeri
101 Jakarta?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar