UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR GEOGRAFI
Kami Membantu Anda Menyusun PTK Lengkap dan Murah dengan Harga 300ribu/PTK, Ambil 2/3 PTK Akan Mendapat Harga Lebih Murah.
Hub Kami di 081222940294
WA : 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Melihat Katalog Judul PTK IPS Yang Kami Sediakan Silahkan klik Disini
WA : 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Melihat Katalog Judul PTK IPS Yang Kami Sediakan Silahkan klik Disini
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sampai
sekarang pendidikan kita masih didominasi oleh pandangan bahwa
pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas
masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, kemudian
ceramah menjadi pilihan utama strategi belajar. Untuk itu diperlukan
sebuah strategi belajar baru yang lebih memberdayakan siswa. Sebuah
strategi belajar yang tidak mengharuskan siswa menghafal fakta-fakta,
tetapi sebuah strategi yang mendorong siswa mengkontruksikan di benak
mereka sendiri. Dalam proses belajar, anak belajar dari pengalaman
sendiri, mengkonstruksi pengetahuan kemudian
memberi makna pada pengetahuan itu. Melalui proses belajar yang
mengalami sendiri, menemukan sendiri, secara berkelompok seperti
bermain, maka anak menjadi senang, sehingga tumbuhlah minat untuk
belajar, khususnya belajar Geografi.
1.2 Rumusan Masalah
Apakah
model pembelajaran group Investigation (menemukan secara berkelompok)
dapat meningkatkan minat belajar Geografi bagi siswa ?
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan
yang ingin dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah
agar siswa meningkatkan minatnya dalam belajar Geografi; sehingga siswa
memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan perubahan sikap yang positif.
1.4 Manfaat Dan Hasil Penelitian
a. Siswa : Siswa termotivasi sehingga senang belajar Geografi dan dapat memperoleh pengalaman belajar.
b. Guru : Dapat menambah wawasan tentang strategi pembelajaran.
c. Sekolah : Untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
d. Pengembangan Kurikulum : Merupakan upaya penyempurnaan Kurikulum
BAB II
KAJIAN PUSTAKA DAN RENCANA TINDAKAN
2.1 Minat
Minat
ialah suatu pemusatan perhatian yang tidak disengaja yang terlahir
dengan penuh kemauannya dan yang tergantung dari bakat dan lingkungan
(Sujanto Agus : 1981). Dalam belajar diperlukan suatu pemusatan
perhatian agar apa yang dipelajari dapat dipahami; Sehingga siswa dapat
melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak dapat dilakukan. Terjadilah
suatu perubahan kelakuan.
Perubahan
kelakuan ini meliputi seluruh pribadi siswa; baik kognitip, psikomotor
maupun afektif. Untuk meningkatkan minat, maka proses pembelajaran dapat
dilakukan dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami apa yang
ada di lingkungan secara berkelompok.
2.2 Belajar
Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan. (Hamalik Pemar : 2001)
Menurut
pengertian ini belajar merupakan suatu proses yakni suatu kegiatan dan
bukan suatu hasil atau tujuan. Yang menjadi hasil dari belajar bukan
penguasan hasil latihan melainkan perubahan tingkah laku. Karena belajar
merupakan suatu perubahan tingkah laku, maka diperlukan pembelajaran
yang bermutu yang langsung menyenangkan dan mencerdaskan siswa.
Suasana
kondisi pembelajaran yang menyenangkan dan mencerdaskansiswa itu salah
satunya dapat tercipta melalui model pembelajaran Group Investigation.
2.3 Model Pembelajaran Group Investigation (Sharan, 1992)
Model
adalah representasi realitas yang disajikan dengan suatu derajat
struktur dan urutan ( Richey, 1986 ). Group investigation adalah
penemuan yang dilakukan secara berkelompok: murid/ siswa secara
berkelompok mengalami dan melakukan percobaan dengan aktif yang
memungkinkannya menemukan prinsip.
Langkah-langkah pembelajaran Group Investigation :
a. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
b. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
c. Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi
d. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
e. Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
f. Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
g. Evaluasi
h. Penutup
Model
pembelajaran Group Investigation ini membantu guru mengaitkan antara
materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong
siswa membuat hubungan antara materi yang yang diajarkan dengan situasi
dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara
pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka.
Dengan model pembelajaran ini minat belajar siswa meningkat dan hasil
pembelajarannya diharapkan lebih bermakna bagi siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar