MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS
Kami Membantu Anda Menyusun PTK Lengkap dan Murah dengan Harga 300ribu/PTK, Ambil 2/3 PTK Akan Mendapat Harga Lebih Murah.
Hub Kami di 081222940294
WA : 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Melihat Katalog Judul PTK IPS Yang Kami Sediakan Silahkan klik Disini
WA : 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Melihat Katalog Judul PTK IPS Yang Kami Sediakan Silahkan klik Disini
PTK IPS Tingkat SMA
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Paradigma pembelajarn IPS selama ini masih menekankan “proses pengajaran oleh guru “( teacher teching) bukannya “proses pembelajaran oleh murid” (student learning) .Guru mengajar
dengan metode yang telah ditentukan , terlepas cocok atau tidaknya
metode tersebut dengan materi yang harus disampaikan di depan peserta
didik.Hal ini menyebabkan proses belajar menjadi statis dan beku serta
menimbulkan efek destruktif pada keingintahuan, kepercayaan diri,
kreatifitas , kebebasan berfikir dan self-respeck di kalangan peserta
didik. Hal ini menyebabkan pembelajaran IPS terkesan membosankan serta malas untuk mempelajarinya,terlebih di SMK kelompok Teknologi dan Industri.
Kondisi diatas tentu bertentangan dengan PP No. 19 tahun 2005 pasal 19 ayat 1 tentang standart proses yakni ’ Proses
Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif,
inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta
psikologis peserta didik
Sehubungan
dengan hal diatas, perlu dicari strategi baru dalam pembelajaran yang
melibatkan siswa secara aktif, dalam suasana yang interaktif,inspiratif ,
menyenangkan dan menantang . Diantaranya adalah berpusat
pada siswa (Focus on Learners), memberikan pembelajaran dan pengalaman
belajar yang relevan dan kontekstual dalam kehidupan nyata (provide
relevant and contextualized subject matter) dan mengembangkan mental
yang kaya dan kuat pada siswa.
Dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, guru
dituntut untuk merancang kegiatan pembelajaran yang mampu mengembangkan
kompetensi, baik dalam ranah kognitif, ranah afektif maupun
psikomotorik siswa. Strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dan
peciptaan suasana yang menyenangkan sangat diperlukan untuk meningkatkan
hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Dalam hal ini penulis memilih model Peer Group Learning .
Pembelajaran dalam peer group learning , dibuat dalam suatu kondisi
yang menyenangkan dalam kelompok belajarnya, sehingga siswa akan terus
termotivasi untuk berinteraksi dari awal sampai akhir kegiatan belajar mengajar (KBM)..
Berdasarkan
uraian diatas maka Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, dirancang untuk
mengkaji penerapan pembelajaran model “Peer Group Learning” dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dalam mata pelajaran IPS di SMK Negeri 2 Jember.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar