Selasa, 09 Agustus 2016

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SEJARAH

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SEJARAH  

Kami Membantu Anda Menyusun PTK Lengkap dan Murah dengan Harga 300ribu/PTK, Ambil 2/3 PTK Akan Mendapat Harga Lebih Murah.
Hub Kami di 081222940294
WA : 081222940294
BBM: 5AA33306 
Untuk Melihat Katalog Judul PTK IPS Yang Kami Sediakan Silahkan klik Disini

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Berdasarkan pada daftar pencapaian daya serap tiga tahun pelajaran terakhir pada siswa Kelas X-2 SMAN 101 Jakarta di bawah ini menunjukkan bahwa hasil belajar  Sejarah yang diperoleh di siswa masih rendah.
            Berdasarkan hasil belajar sejarah yang diperoleh siswa tersebut dapat disebabkan berbagai macam faktor yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran, diantaranya faktor guru, siswa, metode mengajar, sarana dan prasarana pendidikan maupun materi pelajaran. Dari beberapa faktor tersebut, faktor yang dianggap cukup berperan penting adalah materi pelajaran, termasuk di dalamnya adalah banyak sedikitnya materi pelajaran, tingkat kesulitan materi pelajaran, dan teknik atau pendekatan yang digunakan dalam penyajian materi.
            Berdasarkan pula dengan pengalaman penulis selama mengajar di SMA Negeri 101 Jakarta sebagian besar siswa kurang aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam materi pelajaran yang telah diberikan masih rendah. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang dipakai tidak cocok dengan materi pelajaran yang disajikan dan perkembangan intelektual anak.
            Salah satu upaya mengatasi kekurangmampuan siswa memahami materi pelajaran maka penulis merancang suatu penelitian dengan menitik beratkan perhatian pada upaya peningkatan hasil belajar sejarah siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan induktif.
B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan pengamatan penulis selama ini dalam proses pembelajaran sejarah di kelas, sebagian besar siswa kurang aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu kemampuan siswa memahami pelajaran sejarah masih rendah sehingga hasil belajar yang diperoleh pun juga dipastikan akan rendah.
Dengan mengacu pada masalah tersebut maka dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran dengan pendekatan induktif dalam upaya peningkatan hasil belajar sejarah siswa Kelas X-2 SMA Negeri 101 Jakarta
C.    Pembatasan dan Rumusan Masalah
Penelitian dibatasi pada ruang lingkup hasil belajar sejarah siswa kelas X-2 SMA Negeri 101 Jakarta. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah  apakah dengan pembelajaran dengan pendekatan induktif dapat meningkatkan hasil pelajaran sejarah Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 101 Jakarta?
D.    Tujuan Penelitian
Berdasarkan permasalahan di atas, maka tujuan penelitian tindakan ini adalah sebagai berikut:
1.      Mencari pendekatan yang efektif dalam pembelajaran sejarah
2.      Meningkatkan hasil belajar sejarah Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 101 Jakarta
3.      Mengetahui kemampuan Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 101 Jakarta dalam memahami materi sejarah yang disajikan melalui pendekatan induktif.
E.     Manfaat Hasil Penelitian
Hasil dan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini diharapkan memberikan manfaat yang berarti bagi :
a.       Bagi guru: Melalui penelitian tindakan ini, guru dapat mengetahui strategi penyelesaian yang sesuai dalam meningkatkan hasil belajar, sehingga siswa mudah memahami materi pelajaran yang disajikan.
b.      Bagi siswa: dapat meningkatkan hasil belajarnya melalui pendekatan induktif, serta pada membentuk pemahaman siswa dalam materi sejarah, sehingga akan memudahkan siswa memahami materi pelajaran selanjutnya.
4.      Bagi Sekolah: Memberikan sumbangan yang berharga dalam rangka memperbaiki pembelajaran khususnya pembelajaran IPS Sejarah di SMA Negeri 101 Jakarta
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi.2006.  Pnelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bahri, DS. 1994.  Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1993. Evaluasi dan Penilaian. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Guru Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hijriah, 2003. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Induktif pada Siswa Kelas I SLTP Negeri 14 Makassar. Skrsejarahi. FMIPA UNM Makassar.
Hudoyo, 1990. Strategi Belajar Mengajar. Malang: IKIP Malang.
R.M. Yuwono, 1983. Strategi Belajar Mengajar Matematika Ujungpandang. IKIP Ujungpandang.
Sardiman A.M, 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutrisno Murthado. 1987. Pengajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar