MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SEJARAH
Kami Membantu Anda Menyusun PTK Lengkap dan Murah dengan Harga 300ribu/PTK, Ambil 2/3 PTK Akan Mendapat Harga Lebih Murah.
Hub Kami di 081222940294
WA : 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Melihat Katalog Judul PTK IPS Yang Kami Sediakan Silahkan klik Disini
WA : 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Melihat Katalog Judul PTK IPS Yang Kami Sediakan Silahkan klik Disini
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Berdasarkan pada
daftar pencapaian daya serap tiga tahun pelajaran terakhir pada siswa Kelas X-2
SMAN 101 Jakarta di bawah ini menunjukkan bahwa hasil belajar Sejarah yang diperoleh di siswa masih rendah.
Berdasarkan hasil belajar sejarah yang diperoleh siswa
tersebut dapat disebabkan berbagai macam faktor yang terlibat langsung dalam
proses pembelajaran, diantaranya faktor guru, siswa, metode mengajar, sarana
dan prasarana pendidikan maupun materi pelajaran. Dari beberapa faktor
tersebut, faktor yang dianggap cukup berperan penting adalah materi pelajaran,
termasuk di dalamnya adalah banyak sedikitnya materi pelajaran, tingkat
kesulitan materi pelajaran, dan teknik atau pendekatan yang digunakan dalam
penyajian materi.
Berdasarkan pula dengan pengalaman penulis selama
mengajar di SMA Negeri 101 Jakarta sebagian besar siswa kurang aktif pada saat
proses pembelajaran berlangsung. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan
siswa dalam materi pelajaran yang telah diberikan masih rendah. Hal ini
disebabkan oleh model pembelajaran yang dipakai tidak cocok dengan materi
pelajaran yang disajikan dan perkembangan intelektual anak.
Salah satu upaya mengatasi
kekurangmampuan siswa memahami materi pelajaran maka penulis merancang suatu
penelitian dengan menitik beratkan perhatian pada upaya peningkatan hasil
belajar sejarah siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan induktif.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan
pengamatan penulis selama ini dalam proses pembelajaran sejarah di kelas,
sebagian besar siswa kurang aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung.
Oleh karena itu kemampuan siswa memahami pelajaran sejarah masih rendah
sehingga hasil belajar yang diperoleh pun juga dipastikan akan rendah.
Dengan
mengacu pada masalah tersebut maka dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran
dengan pendekatan induktif dalam upaya peningkatan hasil belajar sejarah siswa
Kelas X-2 SMA Negeri 101 Jakarta
C. Pembatasan dan Rumusan Masalah
Penelitian dibatasi
pada ruang lingkup hasil belajar sejarah siswa kelas X-2 SMA Negeri 101
Jakarta. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan pembelajaran dengan pendekatan
induktif dapat meningkatkan hasil pelajaran sejarah Siswa Kelas X-2 SMA Negeri
101 Jakarta?
D. Tujuan Penelitian
Berdasarkan
permasalahan di atas, maka tujuan penelitian tindakan ini adalah sebagai
berikut:
1. Mencari pendekatan yang efektif dalam pembelajaran
sejarah
2. Meningkatkan hasil belajar sejarah Siswa Kelas X-2 SMA
Negeri 101 Jakarta
3. Mengetahui kemampuan Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 101
Jakarta dalam memahami materi sejarah yang disajikan melalui pendekatan
induktif.
E. Manfaat Hasil Penelitian
Hasil dan pelaksanaan
penelitian tindakan kelas ini diharapkan memberikan manfaat yang berarti bagi :
a. Bagi guru: Melalui penelitian tindakan ini, guru dapat
mengetahui strategi penyelesaian yang sesuai dalam meningkatkan hasil belajar,
sehingga siswa mudah memahami materi pelajaran yang disajikan.
b. Bagi siswa: dapat meningkatkan hasil belajarnya
melalui pendekatan induktif, serta pada membentuk pemahaman siswa dalam materi
sejarah, sehingga akan memudahkan siswa memahami materi pelajaran selanjutnya.
4. Bagi Sekolah: Memberikan sumbangan yang berharga dalam
rangka memperbaiki pembelajaran khususnya pembelajaran IPS Sejarah di SMA
Negeri 101 Jakarta
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi.2006. Pnelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bahri, DS. 1994. Prestasi Belajar
dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1993. Evaluasi dan Penilaian.
Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Guru Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hijriah,
2003. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan
Induktif pada Siswa Kelas I SLTP Negeri 14 Makassar. Skrsejarahi. FMIPA
UNM Makassar.
Hudoyo, 1990. Strategi Belajar Mengajar. Malang: IKIP Malang.
R.M. Yuwono, 1983. Strategi Belajar Mengajar Matematika Ujungpandang.
IKIP Ujungpandang.
Sardiman A.M, 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sutrisno Murthado. 1987. Pengajaran Matematika. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar