PTK IPA
KAMI MEMBANTU ANDA MENYUSUN PTK/PTS LENGKAP, MURAH
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
Untuk Melihat Detail Harga dan Katalog Judul PTK IPS Yang Kami Sediakan Silahkan klik Disini
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sejalan dengan makin
pesatnya perkembangan zaman dan semakin deras-nya arus globalisasi, dunia
pendidikan di Indonesia dituntut untuk mampu menye-suaikan diri sehingga
menghasilkan generasi yang cerdas, tangguh dan beradapta-si tanpa harus
kehilangan karakter dan jati diri. Oleh
karena itu sistem pendidikan harus bersifat dinamis ditinjau dari sisi kurikulum, materi, metode
pembelajaran, hingga sumber daya manusianya, yaitu tenaga pendidiknya
harus mampu menye-suaikan diri dengan kondisi aktual saat ini.
Mengingat begitu
pentingnya peran guru dalam
memberdayakan masya-rakat, maka
dalam proses pembelajaran guru harus benar-benar bisa menciptakan kondisi belajar yang dapat membangkitkan minat dan kesadaran dari siswa
akan pentingnya proses belajar itu sendiri untuk bekal kehidupannya di masa
kemudian. Dengan adanya minat belajar itu tentu saja akan tercipta suasana belajar yang me-nyenangkan dan tidak membosankan.
Dalam hal ini diperlukan suatu
komitmen moral, teknik pembelajaran,
dan terobosan-terobosan tertentu
agar penampilan guru di depan kelas
selalu menghadirkan sesuatu yang ditunggu oleh siswa.
Di antara terobosan itu
antara lain dengan
menerapkan teknik pembela-jaran yang sesuai. Sesuai dalam hal
ini dapat berarti cocok dengan kondisi siswa sehingga teknik pembelajaran
ini menjadi sesuatu yang baru yang dapat mening-katkan motivasi belajar
siswa. Sesuai dapat pula berarti bahwa teknik pembelaja-ran ini merupakan
solusi atas suatu permasalahan yang ada
dalam proses pembe-lajaran itu. Sesuai juga dapat diartikan bahwa teknik pembelajaran
ini relevan de-ngan materi yang
disajikan dalam proses pembelajaran
tersebut sehingga teknik pembelajaran itu akan menjadi daya dukung yang kuat untuk
keberhasilan penca-paian tujuan proses pembelajaran.
Untuk dapat menentukan teknik
pembelajaran yang sesuai itu
tentu saja terlebih dahulu harus
dilakukan observasi terhadap peserta didik. Dari observasi itu
akan didapatkan permasalahan penting dan utama yang dapat digunakan seba-gai
modal untuk menentukan pemecahan masalah itu.
SMP Negeri 1 Mojoagung, yang menjadi obyek dari penelitian ini mempu-nyai kondisi yang cukup unik. Dalam
pandangan masyarakat sekolah ini dinilai sebagai sekolah favorit. Masyarakat
luas menilai bahwa kelulusan 100% dengan rentangan nilai UAN yang cukup tinggi merupakan jaminan
dari kualitas pembe-lajaran di SMP Negeri 1 Mojoagung ini. Penilaian yang
sebenarnya tak sepenuhnya benar ini berakibat pada persaingan yang ketat pada
saat proses penerimaan siswa baru. Dan hasilnya tentu saja hanya siswa yang
nilainya tinggilah yang dapat ma-suk ke sekolah ini. Dengan demikian secara
umum dapat dikatakan bahwa siswa-siswa SMP Negeri 1 Mojoagung adalah siswa yang
mempunyai prestasi tinggi
PTK IPS SMP | CONTOH LATAR BELAKANG PROPOSAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar