PTK IPS SMA
ANDA PNS YANG MAU NAIK PANGKAT DAN MEMBUTUHKAN PTK? KAMI SIAP MEMBANTU ANDA MENYUSUN PTK/PTS LENGKAP, MURAH DAN TERPERCAYA
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Masa
tumbuh kembang pada siswa merupakan masa penting dalam membentuk
kepribadian siswa tersebut, maka dari itu pendidikan merupakan suatu
bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan
rohani anak didik menuju terciptanya kepribadian yang utama, pendidikan
juga merupakan suatu proses yang berkesinambungan yang bertujuan untuk
membentuk kedewasaan anak dan mengetahui sifat dasar yang ada pada diri
anak atau manusia, sifat dasar yang ada pada manusia terdiri atas tiga
komponen yang harus di bangun untuk membentuk kepribadian pada diri
manusia yaitu Ruh, Jasmani dan Akal.
Tujuan
pendidikan nasional sendiri secara makro bertujuan membentuk
organisasi pendidikan yang bersifat otonom sehingga mampu melakukan
inovasi dalam pendidikan untuk suatu lembaga yang beretika, selalu
menggunakan nalar, berkemampuan komunikasi sosial yang positif dan
memiliki sumber daya manusia yang sehat dan tangguh.
Agar
tujuan pendidikan bisa tercapai, maka perubahan dalam sistem
pendidikan harus dilakukan secara terencana dan menyeluruh, dan sistem
pendidikan yang konvensional menuju sistem pendidikan yang berorientasi
kompetensi. Sistem pendidikan yang hanya berbasis pada input dan proses
dipandang kurang dinamis, kurang efisien, dan mengarah pada stagnasi
pedagogik, sehingga mengakibatkan sistem pendidikan sulit beradaptasi
dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan aspirasi
serta kebutuhan masyarakat.
Sedangkan
guru yang memandang anak didik sebagai pribadi yang berbeda dengan
anak didik lainnya akan berbeda dengan guru yang memandang anak didik
sebagai mahkluk yang sama dan tidak ada perbedaan dalam segala hal.
Maka adalah penting meluruskan pandangan yang keliru dalam menilai anak
didik. Sebaiknya guru memandang anak didik sebagai individu dengan
sebaiknya guru memandang anak didik sebagai individu dengan segala
perbedaannya, sehingga mudah melakukan pendekatan dalam pengajaran.
Cara
mengajar yang menggunakan teknik yang beraneka ragam disertai dengan
pengertian yang mendalam dari pihak guru akan memperbesar minat siswa
dan akan mempertinggi pula hasil belajarnya. Dengan mengajak,
merangsang dan memberi kesempatan kepada siswa untuk ikut serta
menggunakan pendapat, belajar mengambil keputusan, bekerja dalam
kelompok, membuat laporan dan lain-lain, akan membawa siswa pada suasana
belajar yang sesungguhnya bukan pada suasana diajar saja. Berdasarkan
dari semua itu, maka perlu dicari langkah-langkah penyelesaian agar
siswa tidak merasa enggan dengan mata pelajaran tersebut.
Dari
harapan dan kenyataan tersebut diatas penulis ingin mencoba untuk
membahas dan meneliti melalui judul “Peningkatkan Prestasi Belajar
Masalah Ekonomi Internasional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Siswa
Kelas XII-IS Semester I Melalui Penerapan Metode Bervariasi”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar