PTK IPS SMA
ANDA PNS YANG MAU NAIK PANGKAT DAN MEMBUTUHKAN PTK? KAMI SIAP MEMBANTU ANDA MENYUSUN PTK/PTS LENGKAP, MURAH DAN TERPERCAYA
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Berdasarkan pada
daftar pencapaian daya serap tiga tahun pelajaran terakhir pada siswa Kelas X-2
SMAN 101 Jakarta di bawah ini menunjukkan bahwa hasil belajar Sejarah yang diperoleh di siswa masih rendah.
Berdasarkan hasil belajar sejarah yang diperoleh siswa
tersebut dapat disebabkan berbagai macam faktor yang terlibat langsung dalam
proses pembelajaran, diantaranya faktor guru, siswa, metode mengajar, sarana
dan prasarana pendidikan maupun materi pelajaran. Dari beberapa faktor
tersebut, faktor yang dianggap cukup berperan penting adalah materi pelajaran,
termasuk di dalamnya adalah banyak sedikitnya materi pelajaran, tingkat
kesulitan materi pelajaran, dan teknik atau pendekatan yang digunakan dalam
penyajian materi.
Berdasarkan pula dengan pengalaman penulis selama
mengajar di SMA Negeri 101 Jakarta sebagian besar siswa kurang aktif pada saat
proses pembelajaran berlangsung. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan
siswa dalam materi pelajaran yang telah diberikan masih rendah. Hal ini
disebabkan oleh model pembelajaran yang dipakai tidak cocok dengan materi
pelajaran yang disajikan dan perkembangan intelektual anak.
Salah satu upaya mengatasi
kekurangmampuan siswa memahami materi pelajaran maka penulis merancang suatu
penelitian dengan menitik beratkan perhatian pada upaya peningkatan hasil
belajar sejarah siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan induktif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar