Menyediakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) IPA SMA Lengkap
KAMI MEMBANTU ANDA MENYUSUN PTK/PTS LENGKAP, MURAH
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
Untuk Melihat Detail Harga dan Katalog Judul PTK IPS Yang Kami Sediakan Silahkan klik Disini
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kualitas pendidikan meliputi diberbagai sektor dan
jenjang pendidikan, termasuk jenjang pendidikan dasar. Keberhasilan pendidikan
banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk guru. Guru yang profesional
akan selalu berupaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang
diajarkan. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yang dirinci
sebagai berikut :
1. Mendidik
adalah usaha sadar untuk meningkatkan dan menyiapkan peserta didik melalui
kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau latihan bagi perannya dimasa yang akan
datang.
2. Peserta
didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan diri melalui proses
pendidikan pada jalur dan jenjang pendidikan tertentu. Peserta didik adalah
anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan diri melalui proses
pendidikan pada jalur dan jenjang pendidikan tertentu. (Ngalim Purwanto, 1997:
42)
Dalam upaya meningkatkan proses belajar, guru harus
berupaya menciptakan strategi yang cocok, sebab dalam proses belajar mengajar
yang bermakna, keterlibatan siswa sangatlah penting, hal ini sesuai dengan
pendapat Muhamad Ali, (1983 : 12) yang menyebutkan bahwa kadar pembelajaran
akan bermakna apabila :
1. Adanya
keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar.
2. Adanya
keterlibatan intelektual-emosional siswa baik melalui kegiatan menganalisa,
berbuat dan pembentukan sikap.
3. Adanya
keikutsertaan siswa secara kreatif dalam menciptakan situasi yang cocok untuk
berlangsungnya proses belajar mengajar.
Dari
17 siswa kelas VI SDN 26 Tahun Ajaran 2013/2014
yaitu 12 laki-lakidan 5 parempuan .Hanya 5 orang yang tuntas belajar,hal ini mendorong
kami untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas ini.
Berkenaan dengan hal tersebut di atas, model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dalam pembelajaran akan
lebih bermakna, sebab dengan menggunakan model Pembelajaran kooperatif Tipe TAI siswa akan terlibat secara langsung dalam
proses pembelajaran.
Mata pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran
yang diajarkan di sekolah dasar, dan merupakan hasil kegiatan manusia berupa
pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar, yang
diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah antara lain
penyelidikan, penyusunan dan pengujian gagasan-gagasan.
Kehadiran medel
Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dalam pembelajaran IPA
akan lebih mempermudah bagi guru dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan
kepada siswa.
Berdasarkan hasil renungan yang penulis lakukan setelah
melaksanakan pembelajaran IPA tentang
konduktor dan isolator panas, yang dilanjutkan dengan
evaluasi, tetapi hasilnya tidak memuaskan, maka penulis sebagai guru kelas
menyadari bahwa kesalahan berada pada guru bukan pada siswa, antara lain
pembelajaran berpusat pada guru, keterlibatan siswa dalam pembelajaran kurang
ada kesempatan untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran yang
mengakibatkan siswa pasif dan hasil evaluasi.Dari 17 siswa hanya 5 orang yang tuntas belajar.Dangan KKM Mata pelajaran
IPA 60,berlatar belakang dari permasalahan tersebut,
dipandang perlu melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas, sebab Penelitian
Tindakan Kelas merupakan suatu penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki dan
meningkatkan mutu pembelajaran yang bersifat individual dan luwes. (Kasihani
Kasbolah, 1998:22)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar