Selasa, 26 Juli 2016

PTK IPS SMA

PTK IPS SMA   

ANDA PNS YANG MAU NAIK PANGKAT DAN MEMBUTUHKAN PTK? KAMI SIAP MEMBANTU ANDA MENYUSUN PTK/PTS LENGKAP, MURAH DAN TERPERCAYA



  HUBUNGI KAMI DI 081222940294   



BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Paradigma pembelajarn IPS selama ini masih menekankan “proses pengajaran oleh guru “( teacher teching) bukannya “proses pembelajaran oleh murid” (student learning) .Guru mengajar dengan metode yang telah ditentukan , terlepas cocok atau tidaknya metode tersebut dengan materi yang harus disampaikan di depan peserta didik.Hal ini menyebabkan proses belajar menjadi statis dan beku serta menimbulkan efek destruktif pada keingintahuan, kepercayaan diri, kreatifitas , kebebasan berfikir dan self-respeck di kalangan peserta didik. Hal ini menyebabkan pembelajaran IPS terkesan membosankan serta malas untuk mempelajarinya,terlebih di SMK kelompok Teknologi dan Industri.
Kondisi diatas tentu bertentangan dengan PP No. 19 tahun 2005 pasal 19 ayat 1 tentang standart proses yakni ’ Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik
Sehubungan dengan hal diatas, perlu dicari strategi baru dalam pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, dalam suasana yang interaktif,inspiratif , menyenangkan dan menantang . Diantaranya adalah berpusat pada siswa (Focus on Learners), memberikan pembelajaran dan pengalaman belajar yang relevan dan kontekstual dalam kehidupan nyata (provide relevant and contextualized subject matter) dan mengembangkan mental yang kaya dan kuat pada siswa.
Dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, guru dituntut untuk merancang kegiatan pembelajaran yang mampu mengembangkan kompetensi, baik dalam ranah kognitif, ranah afektif maupun psikomotorik siswa. Strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dan peciptaan suasana yang menyenangkan sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Dalam hal ini penulis memilih model Peer Group Learning .
Pembelajaran dalam peer group learning , dibuat dalam suatu kondisi yang menyenangkan dalam kelompok belajarnya, sehingga siswa akan terus termotivasi untuk berinteraksi dari awal sampai akhir kegiatan belajar mengajar (KBM)..
Berdasarkan uraian diatas maka Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, dirancang untuk mengkaji penerapan pembelajaran model “Peer Group Learning” dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dalam mata pelajaran IPS di SMK Negeri 2 Jember.
B. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut:
1. Apakah pembelajaran model Peer Group Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswadalam Mata Pelajaran IPS?
2. Bagaimana penerapan Peer Group Learning di kelas dalam mata pelajaran IPS?
3. Sejauh manakah pendekatan Peer Group Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar